Wednesday, April 18, 2012

Cara Menggendong Bayi dengan Tepat


http://www.varbak.com

Selamat atas kelahiran bayi anda! Setelah melewati beberapa bulan masa penantian, akhirnya yang ditunggu-tunggu telah lahir. Sekarang tugas anda telah berubah! Bersiap-siap untuk merawat sang bayi hingga ia tumbuh besar dan sehat. Bagi sang ibu hamil yang baru pertama kali punya baby, ini merupakan hal yang rumit, tapi tak apa! Pengalaman akan mengajarkan anda untuk menjadi seorang ibu yang lebih baik.

Melihat bayi yang berkulit lembut sehalus sutra, mata merem-melek, tulang yang masih lunak membuat para ibu harus berhati-hati saat menggendongnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda menggendong sang jabang bayi.

1.   Cuci tangan
Karena si bayi begitu menggemaskan, seringkali cuci tangan menjadi hal yang terlupakan. Jika tidak sabar ke kamar mandi, hand sanitizer bisa menjadi solusi tepat. Di Indonesia sudah banyak ditemukan produk hand sanitizer yang bisa anda letakkan di kamar bayi. Ini memudahkan siapa saja untuk mensterilkan tangan dari bakteri sebelum menyentuh kulit lembut dan sensitif si jabang bayi.
Perlu diingat, ketahanan tubuh si bayi tidaklah sekuat manusia dewasa. Demi kesehatannya, kita perlu mencuci tangan sebelum melakukan kontak pada si kecil.

2.   Pastikan kepala dan leher bayi tertopang dengan baik
Hindari mengguncang-guncangkan bayi hanya sekedar untuk bermain-main. Karena ini bisa menyebabkan pendarahan pada otak dan berujung kematian. Jadi jika ingin membangunkan si bayi, cukup gelitik kakinya atau tiup pipinya dengan lembut, si kecil akan terbangun.

3.   Pastikan si Bayi berada di posisi aman
Ketika anda ingin bepergian jauh dengan si kecil, pasang baby car seat untuk membuat bayi aman dan nyaman saat berkendara. Begitu pula jika menggunakan carrier atau stroller, pastikan sabuk bayi terpasang dengan tepat


Karena si kecil baru menghirup udara di dunia, dia belum dibekali fisik yang kuat, kurangi aktifitas yang bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman. Pastikan semua tertangani dengan baik dan lembut.

No comments:

Post a Comment