Friday, April 13, 2012

Penyebab Rasa Mual Pada Ibu Hamil (Morning Sickness)


news.ixiaoma.com

Hamil dan merasa mual sepanjang hari? Apa sih penyebab rasa mual yang biasa dikenal dengan morning sickness’ ? Bagi sebagian wanita hamil, mereka mungkin merasa mual yang amat berat dibanding yang lain. Apakah rasa mual tersebut berpengaruh pada si bayi?

Perlu diketahui, Morning sickness merupakan sebuah istilah medis yang menggambarkan kondisi mual dan muntah saat kehamilan. Biasanya bagi ibu hamil, kondisi mual akan parah saat pagi dan semakin pudar seiring menjelang siang. Namun bagi sebagian ibu hamil, rasa mual bisa muncul tiba-tiba dan terjadi sepanjang hari. 

Rasa mual biasanya pertama kali muncul 4-6 minggu usia kehamilan dan mual akan menjadi lebih parah seiring bertambah hari. Rata-rata rasa mual akan hilang setelah kehamilan menginjak usia 14 minggu. Namun bisa saja mual akan tetap bertahan hingga hamil tua. Untung saja hanya segelintir wanita yang merasakan hal tersebut. 

Apa sih penyebab rasa mual pada ibu hamil?
Perubahan fisik yang terjadi didalam perut sang ibu yang menjadi penyebab muncul rasa mual tersebut. Dan berikut adalah beberapa faktor penyebab rasa mual:

hCG (Human Chorionic Gonadotropin)
ini merupakan sebuah hormone yang meningkat drastis saat kehamilan. Ketika hormon tersebut meningkat, rasa mual akan cenderung meningkat. 

Estrogen
Hormon ini pun meningkat drastis saat awal kehamilan dan menyebabkan para ibu hamil lebih sensitive terhadap bau-bau tajam. Seperti kasus yang sering terjadi, ibu hamil bisa segera muntah jika mencium bau bakso dan makanan berbau tajam lain. 

Jadi, jika anda merasa mual saat kehamilan, beberapa hormone diatas mungkin bisa jadi penyebab. 

No comments:

Post a Comment