Friday, April 13, 2012

Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil


ln110.com.cn

Anda sedang hamil dan tidak tahu apa yang harus dimakan agar janin bisa tumbuh sehat, kuat dan cerdas? Menjadi ibu hamil merupakan kodrat tiap wanita, tapi merawat janin agar bisa tumbuh optimal hanya bisa dicapai apabila sang ibu hamil proaktif untuk belajar.

Apakah nutrisi sehat yang bagus untuk pertumbuhan janin baik didalam rahim maupun sudah terlahir kedunia?
  1. Vitamin A
Vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel mata, tulang dan metabolism lemak. Karena peran penting tersebut, ibu hamil sebaiknya memasukkan vitamin ini dalam diet sehari-harinya.

  1. Vitamin D
Wanita hamil yang mengkonsumsi vitamin D 4,000 IU tiap hari bisa terhindar dari kelahiran premature dan infeksi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan cacat bayi. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin D perlu diperhatikan bagi wanita hamil

  1. Kalsium
Nutrisi ini sangatlah penting bagi ibu hamil. Mengapa? Janin dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk mencegah kelahiran premature dan mencegah ibu menderita tekanan darah tinggi. Selain itu, kalsium sangatlah bagus untuk pertumbuhan janin. Apabila ibu hamil tidak menkonsumsi kalsium sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, janin akan mengambil kalsium dari tulang sang ibu. Oleh sebab itu beberapa wanita hamil sering merasa nyeri di tulang.

  1. Pyridoxine
Nutrisi ini sangat perlu bagi ibu hamil yang sering mual pada saat kehamilan. Ini sangat berguna untuk mengurangi rasa mual. Nutrisi ini sering ditemukan pada ayam, ikan, jeroan, dan sayuran dll.

  1. Asam Folat
Nutrisi ini sangat penting bagi ibu hamil karena berfungsi mencegah cacat pada otak dan bagus untuk plasenta janin.


Dengan mengkonsumsi lima nutrisi penting diatas, tiap ibu hamil telah mengambil langkah penting untuk kebaikan si janin. Perhatian dan kasih sayang memang sebaiknya dimulai sejak dini dan nutrisi-nutrisi tersebut adalah bukti kasih sayang ibu untuk kesehatan bayi.

No comments:

Post a Comment